Home > News > Lima Referensi Key Performance Indicators yang Bantu Pemahaman Anda

Lima Referensi Key Performance Indicators yang Bantu Pemahaman Anda

Admin | 1 year ago

Referensi Key Performance Indicators (KPI) dapat Sahabat Profit pelajari di berbagai media. Karena manfaatnya yang begitu besar, banyak perusahaan mulai menggunakan KPI.

Namun, sayangnya masih ada manajer perusahaan yang tidak memahami cara menyusun KPI. Padahal, dengan menggunakan KPI, manajer dapat mengukur kinerja karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sebelum lanjut, coba lihat di perusahaan Sahabat Profit, apakah sudah menerapkan KPI?

Baca Juga: Apa Itu Key Performance Indicator? Pengertian dan Penjelasannya

Ada dua alasan perusahaan tidak menerapkan dan belum paham cara menyusun KPI. Pertama, manajemen tidak tahu apa yang harus diukur. Kedua, manajemen sama sekali tidak paham apa itu KPI. 

Dari dua alasan tersebut, satu solusi yang bisa dilakukan adalah manajemen harus belajar dan memperdalam perihal KPI.

Saat ini, banyak lembaga pelatihan yang dapat memandu perusahaan untuk memahami dan mengetahui cara menyusun KPI.

Pun, jika Sahabat Profit dan tim manajemen ingin memperdalam secara mandiri, saat ini ada banyak buku dan video referensi mengenai KPI. Coba Sahabat Profit pergi ke toko buku atau market place, ada banyak literatur-dalam negeri atau luar negeri—yang membahas KPI.

Di edisi kali ini, Profitku akan memberi referensi untuk Sahabat Profit yang ingin memperdalam cara menyusun KPI dan penerapannya.

Sebagai catatan, lima referensi yang Profitku berikan bukanlah mutlak. Artinya, Sahabat Profit masih bisa mencari dan menambah referensi lain-terutama buku—untuk mendalami KPI.

Ada lima referensi yang bisa Sahabat Profit gunakan sebagai media belajar. Lima referensi tersebut terdiri dari satu buku luar negeri, tiga buku dalam negeri, dan satu channel YouTube.

Referensi Key Performance Indicators Buku Luar Negeri

Referensi pertama adalah buku Key Performance Indicators: Developing, Implementing, and Using Winning KPIs.

  • Penulis: David Parmenter
  • Penerbit: Wiley Publisher
  • Tahun terbit: Oktober, 2019
  • Edisi: Keempat

Referensi pertama yang kami rekomendasikan datang dari “King of KPIs”, David Parmenter. Buku ini bisa dibilang merupakan rujukan utama untuk belajar KPI.

Saat ini, buku ini sudah memasuki edisi keempat, dari edisi pertamanya di tahun 2007.

Melalui buku ini, David Parmenter menjelaskan dengan lengkap tidak hanya pengertian dan metodologi KPI, tapi juga 12 langkah menyusun KPI.

Keunggulan buku ini, David Parmenter juga menyertakan berbagai lembar kerja (worksheet), latihan praktik, contoh (template), dan berbagai tools bermanfaat lainnya.

Edisi yang keempat ini, David Parmenter menambahkan beberapa materi dan toolkit yang dapat Sahabat Profit unduh.

Referensi Key Performance Indicators Buku Dalam Negeri

Ada tiga buku yang Profitku rekomendasikan untuk mendalami KPI. Berikut adalah penjelasannya:

1. KPI A to Z: Panduan Implementasi KPI yang Workable

  • Penulis: Yohanes Abdullah & Irra Hegwisi
  • Penerbit: Grasindo
  • Tahun terbit:

Yohanes Abdullah adalah trainer berpengalaman di bidang Balanced Scorecard. Sedangkan Irra Hegwisi adalah auditor internal di Pertamina, yang kesehariannya membangun KPI berdasarkan Balanced Scorecard. Kolaborasi apik dari keduanya menghasilkan buku yang bermanfaat.

Yohanes dan Irra, melalui buku ini, mengajak pimpinan perusahaan untuk membuat KPI yang adil dan merata di setiap bagian. Menurut mereka, ukuran yang adil dan tepat menjamin KPI berjalan dengan baik.

Satu lagi keunggaln buku ini adalah pembahasan reward bagi karyawan yang mencapai target KPI. Seringkali perusahaan menuntut agar KPI karyawan mencapai target, tapi lupa memberi apresiasi. Padahal, apresiasi-apapun bentuknya—dapat meningkatkan moral kerja karyawan.

2 KPI: Panduan Praktis Pengembangan, Penerapan, dan Penggunaan KPI

  • Penulis: A.S. Budiarto
  • Penerbit: Huta Publisher
  • Tahun terbit: 2017

Referensi berikutnya adalah buku yang ditulis oleh A.S. Budiarto. Ada 10 bab di buku ini.

Buku ini dimulai dari membahas performance management system. Setelah itu, Sahabat Profit akan diajak untuk membahas KPI, mulai dari pengertian, elemen laporan, kriteria pengukuran, sampai penentu keberhasilan sebuah KPI.

Di buku ini, A.S. Budiarto juga mencontohkan beberapa jenis KPI. Seperti KPI untuk sales, SDM, dan HSE.

3 Panduan Lengkap Menyusun SOP & KPI

  • Penulis: Fajar Nur’aini D.F., M.Psi.
  • Penerbit: Quadrant
  • Tahun terbit: 2020

Keunggulan dari buku ini adalah bahwa penulis mampu menjelaskan jika SOP dan KIP saling membantu (terkait) untuk menyukseskan perusahaan.

Membaca buku ini, Sahabat Profit akan dipandu untuk membuat SOP yang selaras dengan KPI. Menurut Fajar Nur’aini, SOP dan KPI yang selaras akan mewujudkan sistem manajemen SDM yang lebih terukur dan tepat sasaran.

Referensi Media Channel Youtube

Referensi terakhir yang Profitku rekomendasikan adalah channel Youtube “Tom Mc Ifle

Seperti yang kita ketahui, Tom Mc Ifle adalah mentor bisnis berpengalaman dan founder dari Top Coach Indonesia. Salah satu yang ia tekankan untuk pengusaha adalah penerapan KPI pada bisnis.

Oleh karena itu, beberapa materi Youtube-nya ada yang membahas perihal KPI.

 

 

 

Belajar Mandiri Key Performance Indicators

Ada banyak referensi buku dan video yang membahas KPI. Tidak akan sanggup jika Profitku sebutkan satu per satu.

Alasan Profitku memilih kelima referensi tersebut karena pembahasan dan bahasanya yang mudah dipahami. Namun, tidak menutup kemungkinan Sahabat Profit akan mengambil manfaat dari referensi lain.

Sahabat Profit tahun referensi Key Performance Indicators dan mempelajarinya, selanjutnya adalah menerapkan. Sahabat Profit juga bisa menggunakan Profitku untuk mempermudah pembuatan KPI. Profitku adalah alat bantu untuk memonitor efektivitas operasional dan KPI. Sehingga, pengawasan dapat dilakukan dalam satu sentuhan saja.