Home > News > Ada 5 Manfaat Sistem Bisnis yang Tidak Terduga untuk Bisnis Anda!

Ada 5 Manfaat Sistem Bisnis yang Tidak Terduga untuk Bisnis Anda!

Admin | 1 year ago

Sistem bisnis adalah cara tepat agar bisnis Sahabat Profit mencapai tujuan. Sisitem dalam bisnis membantu karyawan untuk terus bekerja sesuai dengan jobs description.

Apa itu sistem dalam bisnis? Apakah penerapan teknologi dalam operasi sehari-hari?

Sistem bisnis adalah serangkaian pilar yang akan menguraikan bagaimana sebuah bisnis beroperasi untuk mencapai tujuan.

Sahabat Profit pasti tahu pilar, kan? Sebuah tiang kokoh yang menyangga rumah. Itulah mengapa sistem bisnis diibaratkan dengan pilar, karena fungsinya yang menyangga bisnis agar tetap kokoh berdiri.

Sistem tidak hanya teknologi, dan tidak hanya satu. Serangkaian sistem ini akan terkoordinasi dan terintegrasi untuk mencapai tujuan bisnis.

Michael Porter, ekonom asal Amerika dan pengajar Harvard Business School, mengatakan jika sistem bisnis adalah sekumpulan aktivitas dan proses yang terkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memperoleh keuntungan.

Jadi, sistemasi bisnis tidak hanya berdampak kepada proses internal perusahaan, tapi juga berdampak kepada pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Sistemasi Bisnis?

Jika Sahabat Profit menerapkan sistem bisnis dengan konsisten, Sahabat Profit mendapatkan manfaat yang tidak terduga!

5 Manfaat Sistemasi Bisnis yang Tak Terduga untuk Bisnis Anda

Sistem bisnis harus dibangun saat pertama kali bisnis dirintis. Sistemasi juga membuatuhkan waktu untuk merasakan hasilnya.

Saat waktu yang tepat, Sahabat Profit akan merasakan manis dan hal yang tidak terduga dari membangun sistem bisnis.

Berikut adalah manfaat tak terduga dari sistemasi bisnis:

1. Efisiensi waktu

Efisiensi waktu berarti memangkas waktu yang dibutuhkan dalam sebuah produksi barang. Ini hanya bisa dicapai melalui sistem dan perencanaan yang baik.

Efisiensi akan memprioritaskan tugas yang penting dan menghindari distraksi. Efisiensi waktu adalah kunci untuk meningkatkan hasil dan mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

Berikut ini beberapa contoh efisiensi waktu dalam bisnis:

  • Menggunakan software otomatisasi untuk menangani tugas administratif seperti pemrosesan invois atau pemantauan stok.
  • Memprioritaskan tugas yang paling penting dan menentukan deadline yang realistis untuk menyelesaikannya.
  • Menggunakan sistem manajemen proyek untuk memantau progres dan memastikan bahwa semua tugas selesai tepat waktu.
  • Melakukan rapat hemat waktu dengan menentukan agendanya dan memastikan bahwa semua peserta memahami tujuannya.
  • Menggunakan teknologi seperti video conferencing atau teleconferencing untuk mengurangi waktu perjalanan dan mempermudah komunikasi dengan tim atau pelanggan.
  • Menentukan metode kerja yang efektif dan mengikuti rutinitas harian untuk memastikan bahwa semua tugas dilakukan dengan cepat dan efisien.
  • Menghindari distraksi seperti browsing internet, membaca email tidak penting, atau melakukan panggilan telepon pribadi selama jam kerja.
  • Menyediakan alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien.

Nah, melalui sistematisasi bisnis, Sahabat Profit akan terbantu mengoptimalkan proses bisnis dan meminimalisir kehilangan waktu yang tidak perlu

2. Peningkatan produktivitas

Ketika Sahabat Profit sudah memiliki waktu yang efisien, dampaknya kerja akan lebih produktif.

Peningkatan produktivitas merupakan upaya meningkatkan hasil produksi dengan jangka waktu yang sama dengan mempertahankan kualitas.

Peningkatan produktivitas akan meningkatkan keuntungan, kebutuhan konsumen dapat terpenuhi, dan memenangkan persaingan. Produktivitas yang tinggi akan membantu pencapaian kinerja yang lebih baik dan menjai lebih suksek untuk masa depan perusahaan.

Melalui sistematisasi bisnis, tugas dan tanggung jawab dapat diterapkan secara jelas sehingga meningkatkan produktivitas perusahaan

3. Kesalahan produksi yang lebih sedikit

Kesalahan produksi yang lebih sedikit akan menjamin bahwa produk atau jasa yang diterima pelanggan memenuhi standdar kualitas yang ditetapkan.

Beberapa hal yang dapat Sahabat Profitk lakukan agar menghindari kesalahan produksi adalah:

  • Menggunakan checklist atau prosedur yang jelas untuk memastikan bahwa tugas dilakukan dengan benar.
  • Melakukan pengujian dan validasi sebelum mengeluarkan produk atau layanan baru.
  • Menyediakan pelatihan dan sumber daya untuk memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja dengan benar.
  • Menggunakan teknologi seperti software validasi atau sistem kontrol kualitas untuk memastikan bahwa produk atau jasa memenuhi standar.
  • Memonitor dan menganalisis data untuk mengidentifikasi dan memperbaiki sumber kesalahan.
  • Menentukan prosedur untuk memastikan bahwa tugas dilakukan secara teratur dan memastikan bahwa tugas dalam jadwal.
  • Menetapkan sistem pemantauan dan evaluasi untuk memantau kinerja dan membuat perbaikan yang diperlukan.
  • Mengadakan audit internal secara berkala untuk memastikan bahwa prosedur dan praktik bisnis memenuhi standar yang ditetapkan.

4. Mengukur hasil dengan akurat

Mengukur hasil berarti memantau efektivitas strategi, proses, dan produk yang digunakan dalam bisnis. Mengukur hasil akan membantu Sahabat Profit untuk memahami apakah bisnisnya berada di jalur yang tepat. Cara ini akan mendeteksi dini jika ada strategi yang tidak tepat atau ditemukannya masalah.

Salah satu metode untuk mengukur ketercapaian tujuan perusahaan adalah menggunakan Key Performance Indicators

Jika Sahabat Profit menerapkan sistematisasi bisnis yang baik, memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengukur hasil bisnis dengan lebih mudah, sehingga membantu membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

5. Bisnis scale-up dengan cepat!

Scale-up merupakan perkembangan bisnis untuk tumbuh secara efisien dan efektif. Tidak hanya tumbuh, scale-up dapat membuat bisnis mengembangkan pasar dan permintaan.

Agar dapat tumbuh dan berkembang, bisnis memerlukan sistem. Bisnit tidak akan scale-up dengan sendirinya atau berharap terjadi seiiring berjalannya waktu.

Nah, jika Sahabar Profit menginginkan bisnisnya scale-up, sistematisasi bisnis dapat membantu perusahaan mengatur pertumbuhan dan ekspansi dengan lebih mudah. Hak ini disebabkan proses dan tugas bisnis sudah terstruktur dengan baik.

Itulah 5 manfaat sistemasi bisnis yang tidak terduga untuk bisnis Sahabat Profit. Ingin merasakannya? Maka dari itu, terapkan sistemasi bisnis sekarang juga!

Sistematisasi bisnis membantu perusahaan mengatur pertumbuhan dan ekspansi dengan lebih mudah karena proses dan tugas bisnis sudah terstruktur dengan baik.

Untung Berlipat, Bisnis Jadi Autopilot!

Sistemasi membuat pekerjaan jadi lebih efisien dan teratur. Jika karyawan sudah bekerja dengan efisien dan teratur, tentu produktivitas akan meningkat.

Puncaknya, sistem bisnis yang rapi membuat bisnis jadi autopilot. Bisnis yang autopilot memudahkan Sahabat Profit untuk menjalankan opersaional bisnis sehari-hari.