Home > News > Goals Perusahaan Jangka Pendek: Pengertian dan Cara Buatnya

Goals Perusahaan Jangka Pendek: Pengertian dan Cara Buatnya

Admin | 1 year ago

Goal perusahaan adalah target atau tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam waktu yang dekat. Menetapkan goals membuat perusahaan lebih cepat berkembang. Dengan adanya tujuan, perusahaan akan paham tujuan yang ingin dicapai, sehingga terus bergerak untuk mencapainya.

Goal perusahaan dikenal dengan dua tipe, jangka pendek dan jangka panjang. Dua tipe ini sama-sama penting, dan wajib bagi perusahaan untuk memilki keduanya.

Jadi, Anda tidak perlu banyak pertimbangan mana yang paling penting untuk dicapai, apakah goal perusahaan jangka pendek atau jangka panjang. Sebaiknya, yang Anda pertimbangkan adalah penentuan sasaran yang ingin dicapai perusahaan.

Target jangka panjang dirancang untuk jangka waktu yang lama. Satu cara agar tim konsisten dan tetap semangat untuk mencapai tujuan jangka panjang adalah dengan menentukan target tahunan atau goal jangka pendek. Jadi, tujuan jangka pendek adalah turunan agar tujuan jangka panjang tercapai.

https://profitku.id/register

Pengertian Goal Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek perusahaan adalah cita-cita perusahaan yang ingin dicapai dalam waktu yang dekat. Jangka waktu yang ditentukan biasanya dalam hitungan satu tahun.

Tujuan jangka pendek perusahaan bermanfaat untuk memberikan kegiatan terukur untuk mencapai goal jangka panjang perusahaan. Ini akan membantu Anda dan tim “pengingat” agar tetap semangat mencapai tujuan jangka pendek untuk menyelesaikan tujuan jangka panjang.

Menentukan tujuan jangka pendek juga berguna mengukur seberapa dekat tujuan jangka panjang akan tercapai. Ketika tujuan jangka panjang semakin sulit tercapai, Anda dapat mengevaluasi tujuan jangka pendeknya. Ada kemungkinan, penetapan jangka pendek tidak relevan dengan tujuan jangka panjang.

Persuahaan yang tidak menentukan tujuan jangka pendek akan kesulitan mencapai tujuan yang lebih besar. Juga, jika tujuan jangka pendek persuahaan tidak ditentukan membuat demotivasi seluruh karyawan.

Bagaimana Cara Menentukan Goals Jangka Pendek?

Sebelum menentukan goals jangka pendek, Anda harus menentukan goals jangka panjang terlebih dahulu.

Setelah ditentukan, goals jangka pendek dapat dibuat dengan cara berikut ini:

1. Gunakan metode SMART Goals

Metode SMART Goals sudah banyak dipakai persuahaan ketika menentukan tujuan. SMART Goals adalah:

Specific: buatlah tujuan jangka pendek dengan jelas dan spesifik. Semakin spesifik tujuan Anda akan semakin bagus.

Measurable: Tujuan harus mempunyai ukuran kemajuan. Bagaimana tujuan dapat dikatakan tercapai? Buktikan melalui ukuran

Achievable: Tujuan harus bisa dicapai. Anda dapat membuat tujuan yang tidak terlalu sulit, tapi jangan terlalu mudah.

Relevant: Seperti yang dikatakan di atas, jika tujuan jangka pendek adalah turunan dari jangka panjang. Maka dari itu, goals jangka pendek harus relevan dengan jangka panjang.

Timely: Tujuan jangka pendek harus dibatasi jangka waktu.

2. Turunkan goals jangka pendek menjadi kegiatan

Tujuan yang dipilih kemudian diturunkan menjadi kegiatan atau pekerjaan yang mendukung tercapainya tujuan.

Kegiatan yang dipilih harus relevan dengan tujuan. Jangan membuang waktu dengan pekerjaan yang tidak ada hubungan dengan tujuan bisnis.

3. Susun action plan

Action plan adalah penjelasan langkah demi langkah kegiatan untuk mencapai tujuan bisnis.

Action plan juga menjelaskan sumber daya yang dibutuhkan dan karyawan yang terlibat dalam pekerjaan.

Melalui dokumen ini, Sahabat Profit akan memiliki matriks kerja sehingga paham apa saja yang harus dilakukan.

4. Pantau secara berkala ketercapaian tujuan

Sahabat Profit harus memantau secara rutin rencana yang disusun. Pemantauan berfungsi untuk mengetahui apakah tim berada di jalan yang tepat dalam mencapai goals jangka pendek.

Ketika tim diketahui menyimpang dari rencana yang ditentukan, Sabat Profit dapat merevisi kegiatan. Ubahlah kegiatan menjadi kegiatan yang lebih baik untuk mencapai tujuan perusahaan.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memantau ketercapaian tujuan secara berkala adalah key performance indicators.

Dari Jangka Pendek untuk Goals Jangka Panjang

Goals jangka panjang terasa begitu jauh untuk dicapai. Namun, goals jangka panjang adalah tujuan utama bisnis yang harus dicapai.

Untuk menjaga semangat mencapai goals jangka panjang, goals jangka pendek adalah solusinya. Secara perlahan, Sahabat Profit bisa mencapai tujuan jangka panjang dengan terlebih dahulu mencapai tujuan jangka pendek.

Ingat kata pepatah, “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”.

Golas jangka pendek juga berfungsi menjadikan bisnis autopilot. Dengan tujuan tahunan, karyawan akan mengetahui apa saja yang harus dilakukan setiap tahunnya, untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Jangan lupa, Sahabat Profit harus memantau secara berkala ketercapaian goals jangka pendek.

Nah, Sahabat Profit dapat menggunakan Profitku untuk memantau secara berkala ketercapaian goals jangka pendek. Fasilitas yang ada di Profitku, memudahkan Sahabat Profit memantau kinerja dari mana saja dan kapan saja.