Home > News > Pengertian Struktur Perusahaan, Cara Agar Visi Misi Terwujud

Pengertian Struktur Perusahaan, Cara Agar Visi Misi Terwujud

Admin | 1 year ago

Struktur organisasi perusahaan dapat mempengaruhi keberhasilan operasional perusahaan. Kuncinya adalah, struktur organisasi harus sesuai dengan kebutuhan dan tipe perusahaan.

Jika Anda ingin visi dan misi perusahaan terwujud, struktur organisasi perusahaan adalah salah satu cara untuk mewujudkannya.

Di artikel ini, Profitku akan membahas pengertian struktur organisasi perusahaan.

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Pengertian struktur organisasi perusahaan adalah sistem yang menjelaskan jabatan, tugas, peran dan tanggung jawab. Struktur organisasi dibuat agar perusahaan mencapai visi dan misinya.

Struktur organisasi adalah cara untuk menentukan hierarki, sehingga individu yang paling berkuasa dapat ditentukan. Kekuasaan bukan berarti seseorang dapat semena-mena di perusahaan. Kekuasaan berarti penentuan pengaruh seseorang di perusahaan. 

Misal, direksi tentu lebih punya kuasa untuk menentukan kebijakan perusahaan. Sedangkan staf media tidak bisa menentukan kebijakan, dia hanya menjalankan ketentuan yang dibuat direksi.

Struktur organisasi perusahaan digambarkan dalam bentuk bagan atau diagram seperti piramida. Karyawan yang mempunyai jabatan tinggi diletakkan pada bagian atas diagram. Kemudian, berturut-turut ke bawah adalah jabatan yang lebih rendah.

Alasan Perusahaan Wajib Mempunyai Struktur Organisasi

Lalu, mengapa sih perusahaan harus mempunyai struktur organisasi?

Mungkin Anda berpikiran jika tidak perlu ada strukutur organisasi. Semua bekerja sesuai dengan perintah Anda.

Percaya, perusahaan Anda akan berantakan jika berpikiran seperti itu.

Struktur organisasi perusahaan diibaratkan seperti peta. Ia akan mengarahkan dan memberi tahu alur-alur bagaimana perusahaan bekerja.

Terlebih lagi, jika perusahaan Anda besar dan mempunyai banyak karyawan, struktur organisasi mutlak diperlukan.

Semakin banyak produk yang dibuat akan membutuhkan banyak karyawan. Semakin banyak karyawan dibutuhkan sistem untuk mengaturnya. Struktur organisasi perusahaan merupakan cara untuk mengatur karyawan bekerja sesuai dengan tugasnya.

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan yang baik membantu operasional perusahaan lebih efektif. Tidak hanya itu, manfaat memiliki struktur organisasi yang baik adalah:

  • Menghindari konflik internal 

Struktur yang jelas membuat hak dan peran menjadi jelas juga. Karyawan yang memahami hak dan perannya akan berbuat sesuai dengan perannya. Sehingga tidak ada tumpang tindih pekerjaan.

  • Pengambilan keputusan yang tepat dan cepat

Bagan struktur perusahaan akan menempatkan jabatan yang berpengaruh pada bagian atas. Jabatan-jabatan tersebut dapat menentukan keputusan-keputusan perusahaan.

  • Tanggung jawab yang jelas

Setiap struktur atau jabatan akan disertai tugas dan tanggung jawabnya. Individu yang menempati suatu jabatan akan paham dengan tugas dan mengetahui apa yang harus diperbuat.

  • Meningkatkan kemampuan karyawan

Organisasi perusahaan memiliki peran dan tugas khusus sesuai dengan keahlian karyawan. Penempatan karyawan yang tepat di suatu struktur akan membuat dirinya belajar dan meningkatkan kemampuannya. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan memberdayakan karyawan.

Empat Elemen dalam Struktur Organisasi Perusahaan

Anda dapat membuat struktur sedemikian rupa, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, dalam membuat struktur organisasi perusahaan wajib memliki empat elemen dasar.

Berikut adalah penjelasannya:

  • Rantai komando

Rantai komando adalah alur komando yang menjabarkan tugas dan komunikasi di perusahaan. Adanya rantai komando akan menjelaskan siapa menyuruh siapa, dan siapa melapor kepada siapa.

  • Sentralisasi

Rantai komando akan mengerucut kepada seseorang atau jabatan yang diberi kuasa untuk mengatur. Ini disebut juga dengan sentralisasi. Sentralisasi akan mempertimbangkan seseorang yang diberi hak untuk membuat keputusan.

  • Departemen

Departemen adalah pengelompokan jabatan berdasarkan peran, tugas, dan tanggung jawab.

  • Rentang kendali

Rentang kendali adalah jumlah staf yang dapat dipimpin oleh seseorang atasan dalam satu departemen. Rentan kendali atau span of control membandingkan jumlah staf dengan pembagian kerja dalam satu departemen. Ini akan membuat pembagian dan hasil kerja menjadi lebih efektif.

Penutup

Struktur organisasi perusahaan adalah sistem agar karyawan dapat bekerja secara efisien. Melalui struktur organisasi karyawan akan bekerja sesuai dengan peran, tugas, dan tanggung jawabnya.

Struktur organisasi yang baik juga akan membuat perusahaan menjadi autopilot. Ketika karyawan diberi tugas yang spesifik, dia akan paham apa yang harus dilakukan.

Terakhir, struktur organisasi perusahaan yang baik akan membantu visi dan misi perusahaan tercapai.