Home > News > Cara Membuat Misi Perusahaan Dalam Tiga Langkah

Cara Membuat Misi Perusahaan Dalam Tiga Langkah

Admin | 1 year ago

Misi perusahaan adalah cara agar perusahaan Anda mempunyai fokus kegiatan. Kegiatan yang fokus akan membantu mewujudkan visi perusahaan.

Misi perusahaan adalah penjelasan kegiatan agar visi dapat terwujud. Karena itu, perusahaan tidak cukup hanya mempunyai visi.

Di artikel ini, Profitku akan menjelaskan definisi misi perusahaan dengan lengkap. Mulai dari definisi, perbedaan dengan visi, dan cara membuat misi dengan tiga langkah.

Definisi Misi Perusahaan

Misi perusahaan adalah pernyataan yang menjelaskan tindakan dan kegiatan perusahaan. Misi perusahaan akan menjelaskan apa, siapa, dan mengapa dibalik tindakan dan kegiatan perusahaan.

Misi perusahaan adalah cara agar visi perusahaan terwujud. Tindakan dan kegiatan perusahaan yang di tentukan bertujuan untuk mendukung visi perusahaan. Jadi, dapat dikatan jika misi perusahaan merupakan turunan dari visi perusahaan.

Ketika membuat misi perusahaan, setidaknya mencantumkan tiga hal:

1. Tujuan kegiatan yang dilakukan perusahaan

2. Kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan

3. Kondisi yang diinginkan ketika misi perusahaan tercapai

Misi perusahaan ditulis antara satu hingga tiga kalimat, atau sebagai ukuran, misi perusahaan ditulis tidak melebihi 100 kata. Sebenarnya acuan tersebut tidaklah mutlak. Namun yang harus diperhatikan adalah misi dibuat dengan kata-kata yang ringkas.

Perbedaan Visi dan Misi

Visi dan misi adalah hal yang berbeda. Namun, keduanya saling berkaitan.

Perbedaan visi dan misi terletak pada isi yang dicantumkan. Visi perusahaan adalah pernyataan tujuan perusahaan untuk masa depan.

Visi adalah sebuah kondisi yang diinginkan dengan adanya perusahaan. Visi bersifat universal dan jangka panjang, bahkan dapat dijadikan cita-cita seumur hidup perusahaan.

Sedangkan pengertian misi perusahaan, seperti yang dijelaskan di atas, adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan. Kegiatan yang dilakukan dimaksudkan untuk mencapai visi perusahaan. Sehingga, bisa juga diartikan jika misi adalah turunan dari perusahaan.

Mengapa Perusahaan Perlu Mempunyai Misi?

Melalui pernyataan misi, perursahaan dapat menentukan apa yang ingin mereka perjuangkan dan kegiatan lakukan. Nantinya, kegiatan yang dilakukan akan mengarah kepada pertumbuhan perusahaan.

Misi juga membantu perusahaan untuk menjelaskan apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh perusahaan.

Satu hal yang penting adalah, misi perusahaan mampu meningkatkan keterlibatan karyawan dengan perusahaan. Sehingga, karyawan mampu termotivasi dalam bekerja dan paham apa yang harus dan tidak dikerjakan perusahaan.

Cara Membuat Misi Perusahaan

Ada tiga langkah untuk menyusun misi perusahaan. Memadatkan semua kegiatan perusahaan hanya dalam beberapa kalimat memang pekerjaan yang sulit. Namun, tiga langkah ini akan membantu Anda dalam menyusun misi perusahaan.

1. Tuliskan kegiatan yang perusahaan Anda lakukan

Langkah pertama, Anda tidak perlu berpikir terlalu jauh. Tulis saja kegiatan utama perusahaan. Namun, harus diingat, pilihlah kegiatan yang merupakan cara perusahaan Anda menadpatkan uang. 

Contoh: menjual sepatu olahraga. 

2. Tuliskan bagaimana Anda menjual produk

Setelah Anda menentukan kegiatan utama, selanjutnya adalah menjelaskan bagaimana Anda melakukan kegiatan tersebut. Anda dapat menyertakan nilai atau keunggulan perusahaan Anda.

Jika Anda menjual sepatu olahraga, jelaskan bagaimana Anda menjual atau keunggulan dari produk tersebut.

Contoh: menjual sepatu olahraga dengan kualitas standar Internasional.

3. Tuliskan mengapa Anda melakukan kegiatan tersebut

Setiap kegiatan memiliki alasan tersendiri, begitu juga dengan kegiatan yang Anda pilih untuk dicantumkan pada misi perusahaan.

Ini menjadi langkah terakhir, menyertakan alasan mengapa Anda melakukan kegiatan tersebut.

Contoh: menjual sepatu olahraga dengan kualitas standar internasional, agar terbentuknya masyarakat yang sehat dan aman saat berolahraga.

Dalam mempraktikkan draf di atas, mungkin saja Anda tidak akan menenukan yang cocok dalam sekali percobaan. Oleh karena itu, Profitku sarankan agar Anda terus mencoba dan membuat lebih dari satu draf.

Penutup

Misi akan membantu Anda untuk mewujudkan visi perusahaan. Kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan akan membantu mewujudkan visi perusahaan.

Ketika Anda sudah menentukan kegaitan utama, ini akan membuat karyawan Anda paham apa yang harus dilakukan. Sehingga, perusahaan Anda akan menjadi autopilot.

Oleh karena itu, penting untuk membuat misi perusahaan. Perusahaan tidak bisa hanya menggunakan visi atau misi saja. Keduanya berkaitan untuk mengarahkan agar perusahaan terus berkembang.