Home > News > Buat Visi Perusahaan yang Powerful Agar Autopilot

Buat Visi Perusahaan yang Powerful Agar Autopilot

Admin | 1 year ago

Visi yang powerful akan membuat perusahaan menjadi autopilot. Dengan visi yang powerful dapat membantu tim mengetahui arah perusahaan. Dengan demikian, tim mampu berjalan sendiri tanpa arahan owner.

Visi perusahaan yang kuat juga sebagai pembeda perusahaan Anda dengan perusahaan lain. Meskipun mengeluarkan produk yang sama dengan perusahaan lain, tapi jika visi perusahaan Anda lebih baik, tentunya akan menambah daya tarik konsumen.

Visi kerap kali disamakan dengan misi. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda. Namun, visi dan misi selalu berkaitan.

Visi perusahaan menggambarkan harapan dengan adanya perusahaan di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan misi adalah menjelaskan apa yang dilakukan perusahaan.

Pengertian Visi Perusahaan

Ada banyak versi mengenai pengertian visi perusahaan. Profesor bisnis, praktisi bisnis, maupun ekonom mempunyai pengertian visi perusahaan masing-masing.

Benang merah dari pengertian visi perusahaan adalah pernyataan tujuan organisasi saat ini dan di masa depan. Visi akan berfungsi sebagai panduan manajerial dan staf untuk mengembangkan perusahaan. Dari visi inilah strategi kegiatan perusahaan akan ditentukan.

Visi perusahaan adalah impian dan tujuan di masa depan. Oleh karena itu, visi sifatnya universal dan jangka panjang. Pernyataannya berisikan apa yang diinginkan perusahaan dalam lima atau sepuluh tahun kedepan. Visi bisa juga dijadikan cita-cita seumur hidup perusahaan.

Nantinya, visi perusahaan akan menjadi acuan ketika membuat misi, budaya perusahaan, dan strategi.

Doug Meyer-Cuno, penulis buku Recipe for Empowered Leadership, mengatakan untuk membuat visi jangka panjang, perusahaan dapat menjawab beberapa pertanyaan:

  1. Apa fokus utama perusahaan?
  2. Apa yang menjadi pembeda perusahaan dengan yang lain?
  3. Kondisi seperti apa yang diinginkan perusahaan dalam lima atau sepuluh tahu ke depan?

Apa Saja yang Harus Ada Agar Visi Menjadi Bagus?

Visi perusahaan yang bagus ialah yang dapat memotivasi karyawan dan orang yang membacanya. Karyawan yang bekerja di perusahaan dengan visi bagus akan termotivasi untuk bekerja dengan optimal. Alasannya, karena ia yakin cita-cita yang diinginkan perusahaan akan bermanfaat untuk orang banyak.

Sedangkan untuk orang lain, visi perusahaan yang bagus akan menginspirasi orang untuk melakukan cita-cita yang sama. Tidak menutup kemungkinan juga, jika visi perusahaan bagus akan membuat orang lain menggunakan produk Anda.

Lalu, bagaimana cara menyusun kalimat visi perusahaan yang dapat memotivasi. Berikut adalah tipsnya:

1. Tentukan tujuan perusahaan

Tentukan tujuan, perkembangan, dan posisi perusahaan untuk jangka panjang. Ketika menentukan tujuan, pastikan juga bahwa tujuan tersebut mampu diturunkan menjadi sebuah kegiatan atau strategi perusahaan.

2. Buatlah sederhana dan ringkas

Visi perusahaan harus jelas, singkat, padat, dan mudah dipahami oleh siapa saja. Visi perusahaan bukanlah proposal dengan banyak kata dan paragraf. Buatlah satu, dua, atau maksimal tiga kalimat.

Memang susah menentukan semua tujuan, culture, dan harapan jangaka panjang perusahaan dalam beberapa kalimat. Untuk itu, Anda harus mempunyai garis besar tujuan, culture, dan harapan sebagai bahan menulis. Juga, buatlah banyak alternatif tulisan, hingga mendapatkan versi yang terbaik.

3. Visi selalu relevan di segala zaman

Perusahaan berdiri bukan hanya untuk tahun ini atau beberapa tahun saja. Setiap perusahaan menginginkan dapat bertahan selama mungkin. Begitu juga dengan visi perusahaan, sebaiknya tetap relevan di setiap zaman.

Apakah Visi Perusahaan Dapat Diubah?

Sebaiknya visi tidak mengalami perubahan selama perusahaan Anda masih berdiri. Memang lumrah tujuan dan harapan berubah di tengah jalan. Namun, ini adalah visi perusahaan, bukan visi personal. Visi perusahaan tidak boleh sembarang di ubah, karena visi akan dijadikan panduan jalan perusahaan.

Namun, ketika kondisi perusahaan semakin berkembang dan maju, bisa saja visi perusahaan diubah. Anda dapat menambahkan harapan baru untuk ditempatkan pada visi perusahaan. Tujuan untuk memperluas audiens dan lebih mengembangkan perusahaan.

Visi perusahaan juga dapat diubah ketika produk, tujuan, dan gerak organisasi berganti secara menyeluruh. Ketika tujuan perusahaan sudah berubah, tentunya visi harus disesuaikan.

Jika Anda mempunyai keinginan mengubah visi perusahaan, sebaiknya materi yang diubah agar seminimal mungkin. Gagasan utama atau tujuan perusahaan harus tetap sama. Selain itu, perubahan visi yang baru dan lama jangan terlalu jauh perbedaannya.

Selebihnya, jika tidak ada yang urgent sebaiknya visi perusahaan tidak diubah.

Penutup

Meskipun sering dianggap formalitas atau sekedar tulisan dalam pigura, visi perusahaan tetaplah penting. Ia akan menjadi pemandu jalan bagi seluruh karyawan untuk bekerja.

Ketika semua karyawan memahami tujuan perusahaan, mereka dapat bekerja dengan tepat sesuai visi. Bahkan, mereka dapat berimprovisasi untuk mencapai visi perusahaan. Sehingga dengan visi yang baik, perusahaan menjadi autopilot.