Home > News > Apa Itu Promosi Penjualan? Panduan Agar Produk Anda Laku Singkat

Apa Itu Promosi Penjualan? Panduan Agar Produk Anda Laku Singkat

Admin Developer | 1 year ago

Memang menjengkelan jika penjualan dan pendapatan sedang lesu.

Jika bisnis Anda sedang lesu, coba jalankan teknik promosi penjualan. Strategi promosi penjualan dapat merangsang konsumen untuk membeli produk dalam waktu yang singkat.

Promosi penjualan adalah salah satu elemen bauran pemasaran. Dalam pelaksanaannya, promosi penjualan menggunakan berbagai cara yang terukur yang berorientasi pada peningkatan penjualan dan pendapatan.

Promosi penjualan memang harus direncanakan dengan baik. Jika tidak, bukan untung yang didapat melainkan kerugian.

Pengertian Promosi Penjualan

Pengertian Promosi penjualan adalah kegiatan pemasaran produk menggunakan kampanye atau penawaran yang dibatasi oleh waktu.

Ada banyak alasan unit bisnis melakukan kegiatan promosi penjualan. Tujuan promosi penjualan yang utama adalah meningkatkan penjualan.

Kegiatan promosi penjualan biasa dilakukan ketika unit bisnis baru mengeluarkan produk baru. Melalui promosi penjualan, produk baru akan cepat terdistribusi ke konsumen dan brandawareness akan semakin meningkat.

Promosi penjualan berbeda dengan iklan. Sering kali disamakan, tapi kenyataanya kedua kegiatan tersebut banyak perbedaannya. Baik itu perbedaan pada pengertian, tujuan, maupun caranya.

Coba kita bandingkan dari sisi hasil. Hasil penjualan dari iklan ditujukan untuk jangka panjang. Sedangkan promosi penjualan menargetkan hasil yang cepat dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Perbedaan lainnya, dari teori pemasaran, promosi penjualan merupakan bagian dari bauran pemasaran. Sedangkan iklan merupakan dari promosi.

Manfaat Promosi Penjualan

Setelah memahami pengertian promosi penjualan, selanjutnya memahami manfaat promosi penjualan. Berikut adalah manfaat dari promosi penjualan: 

1. Menciptakan pelanggan baru

Promosi penjualan adalah cara mudah untuk menarik konsumen, seperti potongan harga. Banyak konsumen potensial yang tertarik dengan cara ini. Jika konsumen potensial menyukai produk Anda, tidak menutup kemungkinan akan menjadi pelanggan yang setia.

2. Meningkatkan brand awareness

Promosi penjualan merupakan salah satu cara meningkatkan brand awareness. Semakin banyak produk yang terjual dengan harga promo, semakin banyak konsumen yang mengetahui produk Anda.

Meningkatkan brand awareness dengan penjualan harga promo juga bermanfaat untuk produk baru. Konsumen perlu “dipancing” dengan harga yang menarik agar mau membeli produk baru. Memberi harga diskon atau promo adalah cara yang bagus untuk menciptakan kesadaran produk baru.

3. Menghabiskan stok yang terlalu banyak

Stok barang yang terlalu banyak tidak berarti produknya tidak laku. Bisa saja salah perkiraan antara target dengan barang yang disediakan. Promosi penjualan dapat menjadi cara untuk mengeluarkan stok yang berlebih di dalam gudang. Program Buy One Get One atau Bundling sering digunakan untuk menyertakan stok yang berlebih dengan produk yang dijual.

4. Meningkatkan pendapatan di menit-menit terakhir

Beberapa perusahaan menggunakan cara promosi penjualan ketika menjelang akhir tahun atau tutup buku untuk memenuhi target pendapatan. Mereka akan menurunkan harga agar mencapai target penjualan dan pendapatan.

Sebenarnya menurunkan harga agar target pendapatan tercapai bukanlah cara yang sehat. Jika perusahaan Anda sering menggunakan cara ini, berarti ada yang salah dengan teknik penjualan dan tim sales. Idealnya memenuhi target penjualan harus dilakukan di waktu normal.

Kelemahan Promosi Penjualan

Meskipun meningkatkan pendapatan, promosi penjualan juga mempunyai beberapa kelemahan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Devaluasi produk

Beberapa konsumen beranggapan jika menjual produk dengan murah, pertanda bahwa produk tersebut tidak laku di pasar. Anggapan ini akan membuat nilai atau citra produk di mata konsumen menjadi jelek. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan waktu yang tepat ketika ingin melakukan promosi penjualan.

2. Sulit untuk mengembalikan ke harga semula

Promo penjualan yang terlalu lama akan mempersulit Anda ketika ingin mengembalikan ke harga asli. Ketika kosumen sudah “nyaman” dengan harga promo, mereka akan kaget ketika harga sudah kembali ke semula. Oleh karena itu, buatlah jangka waktu yang tidak terlalu lama. Gap antara harga promo dengan harga asli yang ditentukan jangan terlalu jauh.

Strategi Promosi Penjualan

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara. Anda dapat memilih salah satu strategi yang sesuai.

Berikut adalah strategi promosi penjualan yang dapat Anda pilih:

1. Diskon

Diskon adalah cara promo yang paling sering dilakukan, baik perusahaan besar atau kecil. Teknik ini diminati karena menguntungkan konsumen yang ingin membeli satuan.

Idealnya, pemberian diskon antara 5 – 20 %. Jika diskon kurang dari 5% tidak akan menarik konsumen karena efek harga setelah diskon tidak akan terasa. Sedangkan pemberian diskon di atas 20% akan memembuat curiga konsumen dengan kualitas produk Anda.

2. Penawaran dengan waktu tertentu

Coba Anda lakukan promo seperti: “Khusus pembelian hari ini diskon 10%!”

Teknik ini dapat mempengaruhi pemikiran konsumen. Konsumen akan merasa takut kehilangan promo diskon Anda, sehingga menciptakan urgensi untuk membelinya.

3. Hari besar atau tanggal penting

Hari besar seperti hari raya keagamaan, kemerdekaan, dan lainnya bisa dijadikan momen untuk melakukan promo penjualan. Anda dapat mengiklan promo beberapa hari sebelum hari besar yang ditentukan.

Sebagai contoh, diskon busana muslim ketika mendekati lebaran. Bisa juga diskon ornamen natal sebelum tanggal 25.

4. Buy One Get One

Promo Buy One Get One (BOGO) juga sering digunakan sama halnya teknik diskon. Anda dapat memberikan satu produk ketika konsumen membeli satu produk tertentu. Teknik ini disenangi konsumen karena dia mendapatkan produk lebih dengan harga yang hemat.

5. Kontes melalui media sosial

Mengadakan kontes atau kompetisi melalui media sosial akan meningkatkan interaksi Anda dengan konsumen. Anda dapat mengadakan kompetisi foto yang menyertakan produk, desain, atau permainan kata seperti pantun dan puisi yang menyertakan produk.

6. Poin pembelian

Teknik poin pembelian akan membangun loyalitas pelanggan. Setiap pelanggan berbelanja dengan nominal tertentu akan mendapatkan poin. Setelah poin terkumpul sampai batas yang ditentukan, berhak mendapatkan potongan harga atau souvenir. Poin pembelian juga salah satu cara untuk menghargai pelanggan yang sering menggunakan produk Anda.

7. Gratis ongkos kirim

Bagi Anda yang menjual produk melalui media sosial dan marketplace, teknik gratis ongkos kirim merupakan cara yang ampuh. Seringkali, konsumen potensial ragu untuk membeli online karena ongkos kirim yang mahal. Anda dapat memberikan opsi berupa gratis ongkos kirim yang satu daerah atau potongon bagi luar daerah.

8. Paket bundel

Strategi ini menjual produk dua atau lebih yang dikumpulkan jadi satu (baik itu produk yang sama atau berbeda) dengan harga lebih murah disbanding konsumen membeli secara terisah.

Strategi ini akan membuat konsumen mendapatkan variasi produk dengan sekali beli. Cara ini juga bisa untuk mengurangi barang yang menumpuk di gudang.

Kesimpulan

Promosi penjualan adalah salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan dan target penjualan tercapai. Cara ini juga efektif untuk menarik konsumen.

Konsumen dan pelanggan selalu menyukai promo. Namun, promo penjualan yang baik harus memperhatikan waktu dan strategi yang tepat, jangan asal jual murah. Waktu dan strategi yang tepat akan membuat tujuan promosi penjualan tercapai.